Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja Di Depan Monitor

Komputer dan berbagai perlengkapannya, seperti monitor, sudah menjadi barang awam dalam setiap pekerjaan kantor. Bukan hal yang asing jika banyak orang harus bekerja di depan monitor sepanjang hari. Pada awalnya kita mungkin sedikit khawatir mengenai pengaruh komputer dan sinar radiasi yang dipancarkan monitor dapat mengganggu kesehatan tubuh, terutama mata. Namun, para ahli pun tak pernah menyerah untuk menciptakan peralatan yang semakinramah dengan lingkungan dan kesehatan.

Meski begitu, bekerja terlalu lama di depan layar monitor tetap saja dapat mempengaruhi kesehatan, seperti mata lelah, nyeri punggung, bahu dan leher. Berikut beberapa tips mengatasi kelelahan dan ketegangan mata di saat bekerja di depan monitor. Mudah-mudahan kita bisa menjaga karunia mata yangtetap, meski harus bekerja berjam-jam.

1–Bekerjalah dalam ruangan yang cukup cahaya.

Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja anda. Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala. Hindari anda menatap cahayanya secara langsung. Sebaliknya, jangan pula bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau redup. Usahakan agar ruangan anda cukup terang agarmata anda tidak bekerja terllau keras.

2–Gunakan filter monitor.

Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Berbicaralah pada vendor perlengkapan komputer anda untuk mendapatkan filter yang baik dan mampu mengurangipengaruh radiasi, bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor.

3–Periksa monitor anda.

Periksa apakah monitor anda masih bekerja dengan baik? Bandingkan dengan monitor lain. Bila gambar yang tampak semakin buram, berkedip-kedip atau tidak nyaman bagi mata anda, maka sudah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti monitor itu. Lebih baik mengganti monitor daripada membiarkan mata anda terganggu. Sering-seringlah membersihkan monitor dari debu dan kotoranyang mengganggu layar.

4–Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca.

Jika anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Ini agar anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja anda, setelah membaca di layar monitor.

5–Perhatikan posisi monitor.

Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus anda. Hal ini selain agar tidak melelahkan mata anda, juga menjaga agar bahu dan leher anda cukupnyaman bekerja.

5–Bekerjalah dengan “font” yang cukup besar.

Bila anda harus mengedit tulisan di depan komputer, pastikan ukuran atau “font” hurup yang anda gunakan cukup besar. Jangan paksa mata anda untuk membaca hurup kecil pada monitor. Mata anda bukanlah mikroskop bagi tulisan yang ada di layar monitor. Gunakan fasilitas untuk memperbesar atau menyesuaikan besar tampilan gambar di monitor anda. Bila anda telah selesai mengedit atau membacanya, anda bisa kembalikan font tersebut ke posisisemula.

6–Istirahatkan mata anda.

Relakskan mata anda. Pejamkan atau kerjap-kerjapkan. Jangan kucek-kucek mata anda. Namun, sering-seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata anda tetap basah dan sejuk. Bila anda terlalu lama melihat dalam jarak dekat, alihkan pandangan anda ke arah yang jauh. Lakukan iniselama beberapa menit setiap 30 menit.

7–Periksa kacamata atau lensa kontak.

Bila anda menggunakan kacamata atau lensa kontak dan anda harus bekerja sepanjang hari di depan monitor, ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter mata atau optik anda agar anda bisa mendapatkan kacamata yang sesuai. Baik, ukuran lensa dan framenya. Bila anda merasa lelah menggunakan kacamata, tanggalkan saja. Kacamata bisa membuat mata lelah. Sesekali
biarkan mata anda melihat bebas. Namun, segera kenakan kacamata anda bila merasa harus mengenakannya. Jangan paksa mata anda melihat tanpa bantuan kacamata anda.

22 Komentar »

  1. almascatie Said:

    pertamax
    /me masih mikir.. mo nulis apaan nih

  2. almascatie Said:

    /me belom pernah kena penyakit mata setelah 7 tahun pacaran sama komputer

  3. almascatie Said:

    oh iya.. om ubed snaps-nya dimatikan yo…
    *hetrik lagi*

  4. doubleklik Said:

    huh😦 ini kan tips doank

    mataku nih mulai rabun jadi nulis tips kyk gitu sebelum buta hindari skrg yoook…😀

  5. fadilah Said:

    wew……………..😀
    dulu waktu masih pacaran ama komputer doank, mataku gpp,
    tapi sejak ketauan selingkuh ama mesin kasir 2 taon lalu………
    aku di kasih minus 1 deh ama monitor aku…. 😦

  6. fadilah Said:

    mata kanan aku dah minus atu…. tapi yang kiri lebih parah lagi, 😦
    ga ada minusnya seh, tapi suka kedip2 sendiri kalo liat co cakep, gimana donk?? itu ulah monitor juga ya? 😀

  7. doubleklik Said:

    wew klo matanya berkedip2 ada kelainan kyknya tuh mesti tanya langsung ama yg bersangkutan itu pengruh komp ato ada yg laen😛

    klo pengruh komp sih wajar2 aja tp klo yg laen gmn?😀

  8. almascatie Said:

    #om ubed
    sorry baru jawab…
    snaps itu munculnya jendela kecil apabila mouse didekatkan pada link.. contohnya : coba mouse didekatkan di nama : fadilah pasti ada jendela kecil keluar kan? itu namanya snap oms😀

  9. azahra Said:

    bagus bgt sarannya gw mo ngikutin ah cara di atas biar ga minus gitu lohhhhhhh……………

  10. azahra Said:

    lagian gw kan ga mo pakai kaca mata coz lo pakai kaca mata kayak ne2k trus kelihatan cacatnya bgt lo pakai kaca mata jadi gw rus bisa pinter2 jaga mata gw ya ga………………………….????????????

  11. doubleklik Said:

    nah gitu donk supaya mata kt ga rusak ikuti aja tips dan comment nya

    si zahra😛

    hehheheh…….thx. ikut ah…….

  12. ArFan^LOvEr Said:

    #fadilah :
    kalo suka kedip2 sendiri sih bukan karena monitor mbak itu namanya keganjengan, opst kata2 gue kelewatan ya? sorry deh

    ” lirik kiri, likik kanan, ”
    ngaciiiiiiiiiiiiiir ah sebelum di timbuk ama fadilah.. hehe..

  13. dzewight Said:

    ditimpuk sih kagak..palingan elu dikedipin… hehee..😀

  14. doubleklik Said:

    heheheheheh😀

  15. ngud Said:

    mataku kok warnanya kuning kemerah-merahan….apakah aku sedang sakit

  16. doubleklik Said:

    hmmm kyknya tuh ada kelainan

    klo ga salah kebanyakan maen mata😛

  17. ghe Said:

    itu mah dalaman telor setengah matang atuh

  18. HENK Said:

    SEMUA MEMANG ADA RESIKONYA

  19. Eha Said:

    wisssss…..
    buagues banget ni…..
    AQU MINYA YA…..AQ KOPI KE BLOG AQ…. BOLEH YA…. BIAR YANG LAEN JUGA TAU…. OK’S!!!!

  20. mia agustina Said:

    aku mau nanya tentang kesehatan matu yang tahun terakhir ini rada-rada sakit apabila melihat terlalu lama.selain itu , di mataku kelihatan orang mengantuk dan sedih walaupun suasana hati lagi senang(tidak bening,kelihatan ada kuning2nya).bagamana cara menghilangkan bercak kuning di mataku agar kelihatan jernih

  21. eko Said:

    terima kasih atas tipsnya

    mohon maaf kalo saya meng Co Pas nya yach

    boleh kan ????

  22. Toko Obat Said:

    Menjaga kesehatan mata sangatlah penting, bekerja lama di depan layar komputer tentu membuat mata lelah, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kemungkinan gangguan pada mata agar tidak semakin menjadi, seperti tips-tips di atas yang tentunya sangat berguna🙂 Selain itu makan makanan yang bervitamin dan sehat, dapat sangat membantu menjaga kesehatan mata, terutama sayur-sayuran yang mengandung vitamin A, seperti wortel, jagung dan buah dan sayuran lainnya. Dan jika diperlukan, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi multivitamin yang dapat menjaga kesehatan mata. Karena mata adalah salah satu bagian terpenting tubuh kita, jadi wajib untuk dijaga.
    Terima kasih atas tips-tipsnya🙂


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: